Ultrasound atau juga bisa disebut juga ultrasonik adalah berosilasinya tekanan udara yang memiliki frekuensi diatas ambang pendengaran manusia. Sebenarnya, ultrasound tidak terlepas dari gelombang suara pada umumnya, namun hanya berbeda pada beberapa nilai secara fisis. Secara umum, gelombang suara yang dapat didengar oleh manusia dewasa adalah berkisar antara 20 Hz sampai 20 kHz. Sementara itu ultrasound berada pada level frekuensi di atas 20 kHz sampai beberapa GHz.

Pembagian range frekuensi suara

Ultrasound digunakan pada banyak aplikasi, tapi pada dasarnya memiliki kesamaan tujuan yaitu mengukur jarak suatu objek dan mengetahui keberadaannya. Pada bidang kedokteran, salah satu aplikasinya adalah sonography yang berfungsi untuk imaging bagian tubuh/organ manusia yang berada didalam tubuh. Untuk aplikasi lain, bisa digunakan untuk inspeksi tanpa merusak (Non Destruktif Testing).

Aplikasi ultrasound untuk memeriksa kandungan wanita hamil

Banyak binatang yang dapat mendengarkan dan mempergunakan ultrasound, misalnya kelelawar, anjing, kucing dan ikan lumba-lumba. Kelelawar menggunakan frekuensi ultrasound antara 100 kHz sampai 200 kHz untuk mengukur jarak dan mengetahui keberadaan suatu objek.

Kelelawar menggunakan ultrasound untuk navigasi pada malam hari yang gelap

 

Sumber: wikipedia.org

Comments

comments